Apa Itu Perangkat Lunak?

Apa itu perangkat lunak? Dan apa perannya dalam kehidupan sehari-hari?

Berhadapan dengan layar handphone setiap hari sudah menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat modern.

Di dalam sebuah kotak elektronik yang ringkas, terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan, mulai dari sosial media, sampai aplikasi untuk investasi.

Aplikasi-aplikasi ini adalah perangkat lunak. Contoh perangkat lunak di komputer, misalnya, beberapa program Microsoft yang paling sering dipakai seperti Word dan Excel.

Kehidupan kita sebagai rakyat yang tinggal dalam kehidupan yang serba modern membuat kita semakin tak bisa lepas dari kehadiran perangkat lunak.

Untuk bisa lebih memahami apa itu perangkat lunak, mari simak pengertiannya di bawah ini :

Apa Itu Perangkat Lunak

Apa Itu Perangkat Lunak?

Menurut https://www.dalegna.com Perangkat lunak adalah sekumpulan instruksi, data atau program yang digunakan untuk mengoperasikan komputer dan menjalankan tugas-tugas tertentu.

Ini adalah kebalikan dari perangkat keras, yang menggambarkan aspek fisik komputer.

Perangkat lunak adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada aplikasi, skrip, dan program yang berjalan di perangkat tertentu.

Perangkat lunak juga dapat dianggap sebagai bagian variabel dari komputer, sementara perangkat keras adalah bagian yang ‘invariable’ atau tak terbayangkan.

Dua kategori utama perangkat lunak adalah perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem.

Aplikasi adalah perangkat lunak yang memenuhi kebutuhan tertentu atau melakukan tugas.

Perangkat lunak sistem dirancang untuk menjalankan perangkat keras komputer dan menyediakan platform untuk aplikasi yang berjalan di atas.

Perangkat lunak awalnya ditulis untuk komputer tertentu dan dijual dengan perangkat keras yang dijalankannya.

Pada tahun 1980-an, perangkat lunak mulai dijual pada disket, dan kemudian pada CD dan DVD.

Saat ini, sebagian besar perangkat lunak bisa dibeli dan langsung diunduh melalui internet.

Perangkat lunak dapat ditemukan di situs web vendor atau situs web penyedia layanan aplikasi.

Setelah kita mempelajari tentang apa itu perangkat lunak, berikut adalah info mengenai jenis atau macam perangkat lunak yang berbeda-beda berdasarkan fungsionalitasnya:

Macam-macam Perangkat Lunak

Nah setelah memahami apa itu perangkat lunak sekarang kita mulai masuk pada perbedaan perangkat lunak.

Perangkat lunak hadir dalam beberapa jenis, yang tentunya dengan fungsionalitas yang berbeda-beda.

Perangkat Lunak (Software) Aplikasi

Jenis perangkat lunak yang paling umum, perangkat lunak aplikasi adalah paket perangkat lunak komputer yang melakukan fungsi tertentu untuk pengguna, atau dalam beberapa kasus, untuk aplikasi lain.

Aplikasi dapat berjalan secara mandiri, atau bisa menjadi sekelompok program yang menjalankan aplikasi untuk pengguna.

Contoh aplikasi modern termasuk software untuk kebutuhan kantor, software grafis, database, program manajemen database, dan banyak lagi

Cara Menghilangkan Watermark Kinemaster

Software Sistem

Salah satu dari macam-macam perangkat lunak adalah sistem software. Program perangkat lunak ini dirancang untuk menjalankan program aplikasi dan perangkat keras komputer.

Perangkat lunak sistem mengkoordinasikan aktivitas dan fungsi perangkat keras dan perangkat lunak.

Selain itu, software ini mengontrol operasi perangkat keras komputer dan menyediakan environment atau platform untuk semua jenis perangkat lunak lainnya untuk bekerja.

Middleware

Istilah middleware menjelaskan perangkat lunak yang memediasi antara aplikasi dan perangkat lunak sistem atau di antara dua jenis perangkat lunak aplikasi yang berbeda.

Misalnya, middleware memungkinkan Microsoft Windows untuk ‘berbicara’ dengan Excel dan Word.

Middleware juga digunakan untuk mengirim permintaan kerja jarak jauh dari aplikasi di komputer yang memiliki satu jenis OS, ke aplikasi di komputer dengan OS yang berbeda.

Software Programming

Programmer komputer menggunakan perangkat lunak pemrograman untuk menulis kode.

Perangkat lunak pemrograman dan alat pemrograman memungkinkan pengembang untuk mengembangkan, menulis, menguji, dan men-debug program perangkat lunak lainnya.

Cara Kerja Perangkat Lunak

Setelah mengetahui apa itu perangkat lunak, beserta jenis-jenis nya, kini kita masuk pada pembahasan selanjutnya, yakni cara kerja perangkat lunak.

Mungkin ada sebagian dari kalian yang merasa penasaran terhadap cara kerja dari perangkat lunak yang seringkali kalian gunakan. Berikut adalah pembahasannya.

Semua perangkat lunak menyediakan petunjuk arah dan komputer data yang diperlukan untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan pengguna.

Namun, dua jenis yang berbeda – perangkat lunak aplikasi dan perangkat lunak sistem – bekerja dengan cara yang berbeda pula

Software Aplikasi

Perangkat lunak (software) aplikasi terdiri dari banyak program yang melakukan fungsi khusus untuk pengguna akhir, seperti menulis laporan dan navigasi situs web.

Aplikasi juga dapat melakukan tugas untuk aplikasi lain. Aplikasi di komputer tidak dapat berjalan sendiri karena memerlukan OS komputer, bersama dengan program perangkat lunak sistem pendukung lainnya untuk bisa bekerja secara maksimal.

Aplikasi desktop ini diinstal pada komputer pengguna dan menggunakan memori komputer untuk melakukan tugas.

Aplikasi-aplikasi ini mengambil ruang pada hard drive komputer dan tidak perlu koneksi internet untuk bekerja.

Namun, aplikasi desktop harus mematuhi persyaratan perangkat keras atau spesifikasi yang dibutuhkan.

Sebagai contohnya jika Anda ingin mengecilkan ukuran video, maka Anda harus memiliki software tersebut untuk memproses.

Aplikasi web, di sisi lain, hanya memerlukan akses internet untuk bekerja dan tidak bergantung pada perangkat keras dan perangkat lunak sistem untuk dijalankan.

Hasilnya, pengguna dapat meluncurkan aplikasi web dari perangkat yang memiliki browser web, hanya semudah itu. Namun kelemahannya, pengguna harus tetap terhubung ke Internet.

Software Sistem

Perangkat lunak sistem berada di antara perangkat keras komputer dan perangkat lunak aplikasi. Pengguna tidak berinteraksi langsung dengan perangkat lunak sistem yang berjalan di background.

Perangkat lunak ini mengkoordinasikan perangkat keras dan perangkat lunak sistem sehingga pengguna dapat menjalankan software aplikasi tingkat tinggi untuk melakukan tindakan atau fungsi tertentu.

Software sistem ini dijalankan ketika sistem komputer menyala dan terus berjalan selama sistem menyala.

Apa Arti Live Streaming

Fungsi Perangkat Lunak

Lalu apa sebenarnya fungsi perangkat lunak atau software ini? Tentu saja, fungsinya sangat banyak sekali, sampai-sampai kami tidak bisa menyebutkan kesemuanya.

Yang jelas, perangkat lunak dibentuk untuk menyelesaikan tugas tertentu. Perangkat lunak seperti Office berguna untuk mendukung operasi kantor.

Perangkat lunak Adobe Photoshop berfungsi untuk mendukung profesi desainer.

Dengan kehadiran perangkat lunak, kehidupan kita bisa menjadi lebih mudah dan praktis.

Begitulah pembahasan mengenai apa itu perangkat lunak dan banyak informasi yang terkandung di dalamnya. Semoga apa yang kami berikan bisa menjawab rasa penasaranmu.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *